A. LATAR
BELAKANG
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi cukup pesat saat ini. Dalam bidang pertanian,
manusia berupaya menemukan dan mengembangkan teknik teknik modern atau
mengadakan penelitian-penelitian guna mengatasi
masalah kekurangan bahan pangan. Hal itu dilakukan karena pertumbuhan
penduduk tidak sebanding dengan peningkatan produksi pertanian. Kemajuan di
bidang produksi pertanian, seperti adanya teknologi hujan buatan dan penemuan
varietas padi unggul telah memungkinkan peningkatan hasil produksi yang cukup
tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan manusia.
Teknologi, informasi, komuikasi dan transportasi di Indonesia juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan yang pesat ini pada gilirannya mendukung peleksanaan pembangunan nasional. Perkembangan itu terjadi karena manusia dengan akalnya berupaya untuk mengembangkan, menemukan dan mengadakan penelitian-penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya ini dilakukan karena adanya keinginan manusia untk dapat memenuhi segala kebutuhan atau keinginan hidupnya di segala bidang.
Teknologi, informasi, komuikasi dan transportasi di Indonesia juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan yang pesat ini pada gilirannya mendukung peleksanaan pembangunan nasional. Perkembangan itu terjadi karena manusia dengan akalnya berupaya untuk mengembangkan, menemukan dan mengadakan penelitian-penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya ini dilakukan karena adanya keinginan manusia untk dapat memenuhi segala kebutuhan atau keinginan hidupnya di segala bidang.
Bangsa Indonesia bertekad untuk
memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai wahana untuk meningkatkan
kesejahteraan kehidupan bangsa. Peningkatan kemampuan
memanfaatkan,mengembangkan , dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
dilaksanakan dengan peningkatan alih teknologi melalui perubahan dan pembaharuan
teknologi melalui di segala bidang.
B.
RUMUSAN MASALAH
1.
Apakah yang dimaksud iptek
2.
Apakah Fungsi iptek ?
3.
Bagaimana perkembangan iptek ?
4.
Seperti apa perkembangan media
komunikasi 10 tahun kebelakang di Indonesia ?
5.
Apa dampak megatif dan positif IPTEK ?
C.
TUJUAN PENULISAN
1.
Agar kita dapat mengerti apa yang
dimaksud dengan IPTEK.
2.
Agar kita tahu bagaimana perkembangan IPTEK.
3.
Agar kita dapat memahami manfaat
dan dampak perkembangan IPTEK
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian ilmu pengetahuan dan
teknologi
Ilmu adalah
suatu pemahaman tentang suatu pengetahuan, yang memiliki fungsi untuk mencari,
menyelidiki, dan menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu juga merupakan suatu
pengetahuan yang teleh teruji kebenarannya. misalnya, pengetahuan tentang sikap
dan prilaku manusia sebagai mahluk sosial, kemudian pengetahuan itu di selidiki
oleh para ahli menggunakan metode-metode tertentu, dan ternyata pengetahuan
tersebut memang benar bahwa manusai itu mahluk sosial, maka dari itu
pengetahuan tersebut dikatakan sebagai ilmu yaitu ilmu sosial.
Pengetahuan
adalah sesuatu yang diketahui atau disadari seseorang yang didapat dari
pengalamannya. pengetahuan tidak bisa dikatakan sebagai sebuah ilmu karena
kebenarannya belum teruji. Pengetahuan muncul dikarenakan seseorang menemukan
sesuatu yang sebelumnya belum pernah dilihatnya.
Teknologi merupakan suatu penemuan
melalui proses metode ilmiah untuk mencapai tujuan yang maksimal. teknologi
juga dapat diartikan sebagai sarana manusia untuk menyediakan kebutuhan.
Dengan demikian, ilmu pengetahuan
dan teknologi (iptek) adalah suatu ilmu yang berorientasi pada pemenuhan
kebutuhan manusia.
B. Fungsi IPTEK
1.
Capture: proses penyusunan
rekordaktivitas yang terpencil.
2.
Processing: proses mengubah,
menganalisis, menghitung, dan mengumpulkan semua bentuk data inpormasi.
a. Pengolahan
data
b. Pengolahan
informasi
c. Pengolahan
gambar
d. Pengolahan
suara
3.
Generation: proses yang mengorganisir
informasi kedalam bentuk yang bermanfaat, apakah sebagai angka-angka, teks,
bunyi atau gambar visual
4.
Stroge dan retrieval: stroge adalah
proses komputer penguat informasi untuk penggunaan masa depan. Retrieval adalah
proses di mana penempatan komputer dan menyimpan salinan data atau informasi
untuk pengolahan lebih lanjut atau untuk ditransmisikan ke pengguna lain.
5.
Transmission: proses komputer
mendistribusikan informasi melalui jaringan komunikasi.
a. Elektronik
Mail, atau E-mail
b. Voice
Messaging, atau Voice Mail
c. Perkembangan
Ilmu pengetahuan dan teknologi
C. Perkembangan
IPTEK
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi menampakkan kemajuannya sekitar abad ke-19 ketika para ilmuan berhasil
menemukan berbagai penemuan penting. Misalnya, penemuan dibidang kesehatan yang
memungkinkan kesehatan manusia menjadi lebih baik. Selain itu berbagai teknologi
yang dikembangkan telah mengubah kondisi manusia dalam berbagai aspek.
Perkembangan ini sampai sekarang masih berlangsung dan mengubah cara kehidupan
manusia di seluruh dunia. Namun penemuan yang sangat menajubkan dalam penemuan
itu adalah perkembangan dibidang teknologi informasi dan komunikasi.
Perkembangan yang pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi menjadikan
abad ini menjadi abad informasi(information age). Ada juga yang berpendapat
bahwa kemajuan dibidang teknologi informasi dan komunikasi sering dinamakan
revolusi komunikasi (communication revolution) . sekarang berkat kemajuan
berbagai berbagai peristiwa yang telah terjadi di belahan dunia lain dapat
diketahui dengan cepat. Dunia perdagangan mengalami kemajuan yang berarti
seperti munculnyz e-commerce.
Teknologi informasi dan komunikasi mulai
berkembang mulai abad ke-15 ketika mesin cetak ditemukan. Dapat dikatakan bahwa
dengan ditemukannya mesin cetak terjadi perubahan dalam proses manusia
berkomunikasi. Tapi perkembangan yang pesat di bidang informasi dan komunikasi
terjadi ketika mulai digunakannya tenaga listrik. Banyak penemuan baru yang
menggunakan tenaga listrik untuk menjalankannya. Salah satunya adalah telegrap
yang ditemukan samuel F.B. Morse pada tahun 1837.
Perkembangan lain di bidang inforasi
dan komunikasi adalah ditemukannya telepon oleh Alexsander Graham Bell pada
tahun 1876. Selain itu, berbagai penemuan lain bermunculan, diantaranya
penemuan ponograp oleh Thomas Edison pada tahun 1877 dan penemuan radio oleh
Guglielmo Marconi pada tahun 1896. Juga perkembagan televisi dan satelit
komunikasi mengadakan kemajuan yang pesat di bidang teknologi informasi dan
komunikasi.
Selain itu, kemajuan dibidang teknologi
informasi dan komunikasi semakin pesat ketika ditemukannya internet. Internet
dapat diartikan sebagai suatu jaringan komunikasi antar komputer. Pada awalnya,
yaitu tahun 1969, Departemen Pertahanan dan Keamanan Amerika Serikat
mengembangkan suatu jaringan komunikasi yang menjadi cikal bakal internet
dengan nama ARPAnet (Advanced Research Project Agency Network ). Jaringan
komunikasi ini dibuat dengan tujuan untuk keamanan sistem komputer apabila
terjadi bencana atau perang.
Melihat manfaatnya yang begitu besar
para ilmuan dari berbagai Uuniversitas di Amerika Serikat juga mengembangankan
jaringan komputer yang mirif dengan ARPAnet, yaitu NSFnet (NSF= National
Science Foundation ).
D. Perkembangan
IPTEK di Indonesia 10 Tahun Kebelakang
1. Permainan
Saya Mungkin
akan sedikit bercerita tentang masa lalu saya , Dengan berkembangnya teknologi
sungguh banyak perubahan yang terjadi di indonesia ini, mulai dari proses
pembelajaran sampai permainan yang di mainkan anak-anak Saya masih ingat pada saat saya berumur 7
tahun,
Gambar 1.1 layang-layang dan kelereng
Gambar 1.2 main kepandaian kaki
Gambar 1.4 main ular naga panjang
Sungguh masa
yang menyenangkan saya bermain kelereng, layang-layang,dan lain-lain bersama
teman saya.
Dan saya rasa cepat atau lambat pemainan ini akan hilang termakan jaman
karena pekembangan teknologi tadi. dan pada jaman sekarang, banyak anak-anak
yang seumuran saya dulu dimana pada jaman saya bermain kelereng,layang-layang,dan
lain lain, sekarang malah bermain game di warnet dan jarang memainkan permainan
tradisional dan mulai melupakannya.
Gambar 1.5 main game
2.
Pendidikan
Selain permainan, proses pembelajaran juga sedikit demi sedikit berubah,
pada saat saya kelas 3 SD hampir semua teman saya termasuk saya menggunakan abacus sebagai alat bantu
hitung,
Gambar 1.6 abasus
Tetapi pada jaman sekarang banyak
anak-anak yang duduk di kelas 3 SD mahir menggunakan kalkulator , dan tidak sedikit dari mereka yang tidak mengetahui
alat yang bernama abacus tadi. Kemudian,pada jaman dulu guru menjelaskan
pelajaran masih menggunakan kapur putih
Gambar
1.7 guru menulis dengan kapur tulis
Sekarang menggunakan spidol, dan ada juga beberapa sekolah yang menggunakan
proyektor sebagai alat penyampaian pelajaran atau persentasi tugas.
Gambar 1.9 murid mempresentasikan tugasnya
Mungkin kita masih ingat dulu pada
saat ulungan semester,paling tidak ada 2 guru di kelas sebagai pengawas dan mondar
mandir kemana-mana.
Gambar
1.10 siswa mengerjakan tugas
Namun sekarang hanya memerlukan 1 orang guru atau pengawas di depan
komputer yang terhubung ke CCTV yang berada di setiap kelas dan hanyar
mengawasi di satu ruangan, dengan begini tidak memerlukan banyak guru\pengawas
untuk mengawasi setiap ruang kelas yang melaksanakan ulangan.
Gambar 2.1 komputer yang terhubung
dengan CCTV untuk mengawasi setiap
ruangan kelas
3.
Pertanian
Pada jaman
dulu petani membajak sawah dengan menggunakan peralatan seadanya seperti
menggunakan cankul, dan kerbau untuk membajak sawah
Gambar 2.2 pak tani menggunakan canggkul membajak sawahnya
Gambar 2.3 petani membajak sawah dengan
menggunakan kerbau
Gambar 2.4 ketam digunakan para
petani untuk memanen padi
Tetapi sekarang petani menggunakan
traktor untuk membajak sawah, dan mesin perontok untuk memenen padi.
Gambar 2.6
mesin perontok padi adalah alat moderen pertanian untuk memanen padi
E.
Dampak Positif dan negatif IPTEK
1.
Dampak positif
a.
Dampak positif secara umum
a)
Memberikan
berbagai kemudahan
Perkembangan IPTEK mampu membantu manusia dalam
beraktifitas. Terutama yang berhubungan dengan kegiatan perindustrian dan
telekomunikasi. Namun, dampak dari perkembangan IPTEK juga berdampak ke
berbagai hal seperti kegiatan kehidupan sehari-hari. Semakin majunya teknologi
membuat jarak yang jauh menjadi dekat . Dahulu masyarakat mengirim uang jarak
jauh menggunakan wesel pos, kini sudah menggunakan e-banking atau transfer.
Sehingga aktifitas pengiriman uang dapat lebih cepat di laksanakan tanpa
memakan waktu yang lama. Ini adalah contoh efek positif perkembangan IPTEK di
dalam membantu aktifitas manusia.
b)
Mempermudah meluasnya berbagai informasi
Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi kita,
dimana tanpa informasi kita akan serba ketinggalan. terlebih lagi ketika
berbagai media cetak dan elektronik berkembang pesat. Hal ini memaksa kita
untuk mau tidak mau harus bisa dan selalu mendapatkan berbagai informasi. Pada
masa dahulu, mahasiswa harus membaca berbagai macam buku sebagai sumber untuk
mendapat informasi yang diinginkan. Namun sekarang kegiatan semacam ini sudah
mulai ditinggalkan, mereka lebih senang mencari informasinya melalui media
internet yang menyediakan layanan untuk pencarian yang mempercepat waktu dan
membuat lebih efisien. Bertambahnya pengetahuan dan wawasan.
Komputer dahulu termasuk jenis peralatan yang sangat
canggih, dimana hanya orang-orang tertentu yang mampu membelinya apalagi
menggunakannya. Namun seiring dengan perkembangan IPTEK, peralatan elektronik
seperti komputer, internet, dan handphone (Hp) sudah menjadi benda yang
menjamur. Dimana tidak hanya orang-orang tertentu yang mampu menggunakannya,
bahkan anak-anak di bawah umur juga dapat menggunakannya. Inilah pengaruh
positif perkembangan IPTEK di era globalisasi terhadap ilmu pengetahuan dan
wawasan masyarakat kita.
c)
Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
Selama ini,
proses pembelajaran yang kita kenal yaitu adanya pembelajaran yang disampaikan
hanya dengan tatap muka langsung, namun dengan adanya kemajuan teknologi,
proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa
juga menggunakan jasa pos Internet dan lain-lain.
Adanya
sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan Teknologi. Dulu,
ketika orang melakukan sebuah penelitian, maka untuk melakukan analisis
terhadap data yang sudah diperoleh harus dianalisis dan dihitung secara manual.
Namun setelah adanya perkembangan IPTEK, semua tugasnya yang dulunya dikerjakan
dengan manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi sesuatu yang mudah
untuk dikerjakan, yaitu dengan menggunakan media teknologi, seperti Komputer,
yang dapat mengolah data dengan memanfaatkan berbagai program. Pemenuhan
Kebutuhan akan Fasilitas Pendidikan dapat Dipenuhi dengan Cepat Dalam bidang
pendidikan tentu banyak hal dan bahan yang harus dipersiapkan, salah satu
contoh, yaitu ; penggandaan soal ujian, dengan adanya mesin foto copy untuk
memenuhi kebutuhan akan jumlah soal yang banyak tentu membutuhkan waktu
yang lama untuk mengerjakannya kalau dilakukan secara manual. Tapi dengan
perkembangan teknologi semuanya itu dapat dilakukan hanya dalam waktu yang
singkat.
2.
Dampak negatif perkembangan IPTEK
a.
Dampak negatif
IPTEK secara umum
1)
Mempengaruhi
pola berpikir
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang konsumtif
dan penasaran serta suka dengan hal baru. Terutama sekali dengan adanya
berbagai perubahan pada berbagai peralatan elektronik. Hal ini sangat berdampak
buruk terhadap pola berpikir masyarakat. Dewasa ini perkembangan pada teknologi
dan komunikasi berpengaruh pada anak di bawah umur. Maraknya jejaring sosial
yang ada membuat mereka terjerumus dalam pertemanan yang buruk. Apalagi adanya
kejadian kejahatan melalui media jejaring sosial. Anak-anak biasanya belum bisa
membedakan mana yang baik dan buruk bagi mereka. Terlebih lagi setiap harinya
masyarakat kita disajikan dengan berbagai siaran yang kurang bermanfaat dari
berbagi media elektronik.
2)
Hilangnya
budaya Tradisional
Dengan adanya
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat hilangnya budaya anak-anak
bermain permainan tradisional. Anak-anak sekarang cenderung lebih menyukai
permainan berbasis online daripada bermain di lapangan. Permainan online yang
digemari sering membuat anak lupa waktu dan tidak tertarik pada pelajaran
sekolah. Orang tua harus bisa mengontrol dan mengawasi anak supaya tidak
mengubah pola pikiran mereka kearah yang negatif.
b.
Dampak negatif IPTEK di Bidang Pendidikan
1)
Siswa menjadi malas belajar
Dengan adanya peralatan yang
seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti laptop dengan jaringan
internet, ini malah sering membuat siswa menjadi malas belajar, terkadang
banyak diantara mereka yang menghabiskan waktunya untuk internetan yang hanya
mendatangkan kesenangan semata, seperti ; Facebook, Chating, Twitter dan
lain-lain, yang semuanya itu tentu akan berpengaruh terhadap minat belajar
siswa.
2)
Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam
Selama ini sering kita melihat dan
mendengar di siaran TV, tentang adanya kebocoran soal ujian, ini merupakan
salah satu akibat dari penyalahgunaan teknologi, karena dengan adanya
perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka dengan mudah dapat mengakses
informasi dari satu daerah ke daerah lain, inilah yang dilakukan oleh oknum
untuk melakukan penyelewengan terkait dengan kebocoran soal ujian,
sehingga kejadian ini sering meresahkan pemerintah dan masyarakat.
3)
Adanya penyalahgunaan system pengolah data yang
menggunakan Teknologi.
Dengan adanya
pengolahan data dengan system Teknologi, sering akli kita temukan adanya
terjadi kecurangan dalam melakukan analisis data hasil penelitian yang
dilakukan oleh siswa dan bahkan mahasiswa, ini mereka lakukan untuk mempermudah
kepentingan pribadi, dengan mengabaikan hasil penelitian yang dilakukan.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Teknologi
komunikasi adalah sebuah penemuan baru dalam aspek kehidupan dimana setiap
individu dapat menggunakan, mengakses dan memberikan segala hal informasi
kepada orang lain secara universal, sedangkan teknologi informasi yaitu
mencakup sistem-sistem komunikasi seperti satelit siaran langsung, kabel
interaktif dua arah, penyiaran bertenaga rendah (low power broadcasting),
computer (termasuk personal komputer dan komputer gengam yang baru), dan
televisi (termasuk vidio disk dan video tape cassete). Sebelumnya sekedar
menengok kembali, bahwa sebenarnya teknologi informasi itu sendiri telah muncul
semenjak zaman pra-sejarah. Dimana pada waktu itu orang sudah mampu menggunakan
bentuk komunikasi. Akan tetapi bentuknya masih sangat sederhana. Kemudian
semakin berkembang hingga dengan adanya komputer inilah awal dari teknologi
komunikasi dalam konteks digital itu sendiri terjadi setelah satelit ditemukan
dan di aktifkan. Berbagai macam penemuan yang telah ada sedikit banyak mengubah
corak yang masih sangat sederhana. Kemudian semakin berkembang hingga dengan
adanya komputer inilah awal dari teknologi komunikasi dalam konteks digital itu
sendiri terjadi setelah satelit ditemukan dan diaktifkan. Berbagai macam
penemuan yang telah ada sedikit banyak mengubah corak kehidupan dari masyarakat
itu kemudian berimbas pada dunia pendidikan yaitu mempermudah dunia pendidikan
dimana kini telah ada E-learning. E-learning merupakan satu penggunaan
teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangka panjang luas
dengan landasan berdasarkan tiga kriteria diantaranya yaitu:
1. E-learning
merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan
mendistribusikan, dan membagi materi atau informasi.
2. Pengiriman
sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi
internet yang standar.
3. Mefokuskan
pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran dibalik paradigma
pembelajaran tradisional.
Dari perkembangan yang berimbas pada dunia
pendidikan ini maka timbullah dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan.
Dampak positifnya yaitu pembelajaran yang bisa dilakukan secara jarak jauh,
adanya metode pembelajaran yang baru, mudahnya dalam memperoleh informasi secara
cepat dan akurat, serta teknologi yang menawarkan audio-visual. Sedangkan
dampak negatif yang ditimbulkan yaitu berupa penyalahgunaan teknologi yaitu
berupa tindakan kriminal, berkurang motivasi belajar siswa, dan kemerosotan
moral dikalangan masyarakat terutama remaja. Untuk menanggulangi hal tersebut
maka dapat dilakukan berapa tindakan yang bisa dijadikan solusi yaitu sebagai
berikut:
1. Pendampingan
pendidikan teknilogi dengan bimbingan moral yang seimbang.
2. Pendampingan
pendidikan teknologi dengan bimbingan moral yang seimbang.
3. Memberikan
pengawasan dari orang tua, sekolah dan pemerintah secara umum.
4. Mendorong
motivasi anak didik ke arah pengembangan IPTEK.
5. Menciptakan
jalinan yang kuat antara agama dan IPTEK.
6. menanamkan
sikap dan wawasan yang luuas terhadap kehidupan massa depan.
B. Saran
Dengan
memperlihatkan perkembangan dan kemajuan zaman dengan sendirinya pemanfaatan
dan penguasaan IPTEK mutlak diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa.
Visi dan misi IPTEK mutlak diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa.
Dengan memperlihatkan perkembanggan dan pemanfaatan dan penguasaan IPTEK mutlak
diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. Visi dan misi IPTEK dirumuskan
sebagai panduan untuk mengoptimalkan setiap sumber daya IPTEK yang dimiliki
oleh bangsa indonesia, Undang-Undang No. 18 tahun 2002 tentang sistm nasional
penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang
telah diberlakukan sejak 29 juli 2002, merupakan penjabaran dari visi dan misi
IPTEK sebagaimana termasuk dalam UUD 1995 amademen pasal 31 ayat 5, agar dapat
dilaksanakan oleh pemerintah beserta seluruh rakyat dengan sebaik-baiknya.
Selain itu pula perkembangan IPTEK di berbagai bidang di tengah perkembangan
zaman yang semakin pesat semestinya dapat meninggkatkan kualitas sumber daya
manusia di tengah bermunculannya dampak negatif dari adanya perkembangan IPTEK,
sehingga diperlukan pemikiran yang serius dan mantap dalam menghadapi
permasalahan dalam penemuan-penemuan baru tersebut.
DAFTAR
PUSTAKA
kadir, abdul; tri
wahyuni, terra ch; pengenalan teknologi inpormasi dan komunikasi;andi
yogyakarta: 2003
suyanto m.
Teknologi pengantar informasi untuk bisnis;andi; 2005
simarmata,
janer.pengenalan teknologi komputer dan
informasi. Andi yogyakarta. 2006
http://prasetiawan03.blogspot.com/2013/03/pengertian-iptek.html
http://computernetworkmajor.blogspot.com/2013/01/perkembangan-teknologi-10-tahun-terakhir.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar