Jumat, 17 Juni 2016

PERKEMBANGAN DI BIDANG IPTEK


A.  LATAR BELAKANG
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi cukup pesat saat ini. Dalam bidang pertanian, manusia berupaya menemukan dan mengembangkan teknik teknik modern atau mengadakan penelitian-penelitian guna mengatasi  masalah kekurangan bahan pangan. Hal itu dilakukan karena pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan peningkatan produksi pertanian. Kemajuan di bidang produksi pertanian, seperti adanya teknologi hujan buatan dan penemuan varietas padi unggul telah memungkinkan peningkatan hasil produksi yang cukup tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan manusia.
Teknologi, informasi, komuikasi dan transportasi di Indonesia juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan yang pesat ini pada gilirannya mendukung peleksanaan pembangunan nasional. Perkembangan itu terjadi karena manusia dengan akalnya berupaya untuk mengembangkan, menemukan dan mengadakan penelitian-penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya ini dilakukan karena adanya keinginan manusia untk dapat memenuhi segala kebutuhan atau keinginan hidupnya di segala bidang.                                                                                          
         Bangsa Indonesia bertekad untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai wahana untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan bangsa. Peningkatan kemampuan memanfaatkan,mengembangkan , dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dilaksanakan dengan peningkatan alih teknologi melalui perubahan dan pembaharuan teknologi melalui di segala bidang.

B.  RUMUSAN MASALAH  
1.    Apakah yang dimaksud  iptek
2.    Apakah Fungsi iptek ?
3.    Bagaimana perkembangan iptek  ?
4.    Seperti apa perkembangan media komunikasi 10 tahun kebelakang di Indonesia ?
5.    Apa dampak megatif dan positif  IPTEK ?

C.  TUJUAN PENULISAN
1.    Agar kita dapat mengerti apa yang dimaksud dengan IPTEK.
2.    Agar kita tahu bagaimana  perkembangan IPTEK.
3.    Agar kita dapat memahami manfaat dan  dampak perkembangan IPTEK
    

















BAB II                                                                                                                               PEMBAHASAN

A.  Pengertian ilmu pengetahuan dan teknologi
Ilmu adalah suatu pemahaman tentang suatu pengetahuan, yang memiliki fungsi untuk mencari, menyelidiki, dan menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu juga merupakan suatu pengetahuan yang teleh teruji kebenarannya. misalnya, pengetahuan tentang sikap dan prilaku manusia sebagai mahluk sosial, kemudian pengetahuan itu di selidiki oleh para ahli menggunakan metode-metode tertentu, dan ternyata pengetahuan tersebut memang benar bahwa manusai itu mahluk sosial, maka dari itu pengetahuan tersebut dikatakan sebagai ilmu yaitu ilmu sosial.
Pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui atau disadari seseorang yang didapat dari pengalamannya. pengetahuan tidak bisa dikatakan sebagai sebuah ilmu karena kebenarannya belum teruji. Pengetahuan muncul dikarenakan seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah dilihatnya.
Teknologi merupakan suatu penemuan melalui proses metode ilmiah untuk mencapai tujuan yang maksimal. teknologi juga dapat diartikan sebagai sarana manusia untuk menyediakan kebutuhan.
Dengan demikian, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) adalah suatu ilmu yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia.









    
B.  Fungsi IPTEK
1.    Capture: proses penyusunan rekordaktivitas yang terpencil.
2.    Processing: proses mengubah, menganalisis, menghitung, dan mengumpulkan semua bentuk data inpormasi.
a.    Pengolahan data
b.    Pengolahan informasi
c.    Pengolahan gambar
d.   Pengolahan suara
3.    Generation: proses yang mengorganisir informasi kedalam bentuk yang bermanfaat, apakah sebagai angka-angka, teks, bunyi atau gambar visual
4.    Stroge dan retrieval: stroge adalah proses komputer penguat informasi untuk penggunaan masa depan. Retrieval adalah proses di mana penempatan komputer dan menyimpan salinan data atau informasi untuk pengolahan lebih lanjut atau untuk ditransmisikan ke pengguna lain.
5.    Transmission: proses komputer mendistribusikan informasi melalui jaringan komunikasi.
a.    Elektronik Mail, atau E-mail
b.    Voice Messaging, atau Voice Mail
c.    Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi
C.  Perkembangan IPTEK
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menampakkan kemajuannya sekitar  abad ke-19 ketika para ilmuan berhasil menemukan berbagai penemuan penting. Misalnya, penemuan dibidang kesehatan yang memungkinkan kesehatan manusia menjadi lebih baik. Selain itu berbagai teknologi yang dikembangkan telah mengubah kondisi manusia dalam berbagai aspek. Perkembangan ini sampai sekarang masih berlangsung dan mengubah cara kehidupan manusia di seluruh dunia. Namun penemuan yang sangat menajubkan dalam penemuan itu adalah perkembangan dibidang teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan yang pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi menjadikan abad ini menjadi abad informasi(information age). Ada juga yang berpendapat bahwa kemajuan dibidang teknologi informasi dan komunikasi sering dinamakan revolusi komunikasi (communication revolution) . sekarang berkat kemajuan berbagai berbagai peristiwa yang telah terjadi di belahan dunia lain dapat diketahui dengan cepat. Dunia perdagangan mengalami kemajuan yang berarti seperti munculnyz e-commerce.
      Teknologi informasi dan komunikasi mulai berkembang mulai abad ke-15 ketika mesin cetak ditemukan. Dapat dikatakan bahwa dengan ditemukannya mesin cetak terjadi perubahan dalam proses manusia berkomunikasi. Tapi perkembangan yang pesat di bidang informasi dan komunikasi terjadi ketika mulai digunakannya tenaga listrik. Banyak penemuan baru yang menggunakan tenaga listrik untuk menjalankannya. Salah satunya adalah telegrap yang ditemukan samuel F.B. Morse pada tahun 1837.
        Perkembangan lain di bidang inforasi dan komunikasi adalah ditemukannya telepon oleh Alexsander Graham Bell pada tahun 1876. Selain itu, berbagai penemuan lain bermunculan, diantaranya penemuan ponograp oleh Thomas Edison pada tahun 1877 dan penemuan radio oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1896. Juga perkembagan televisi dan satelit komunikasi mengadakan kemajuan yang pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
 penemuan penting lainnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi adalah dengan ditemukannya komputer. Komputer merupakan penemuan terbesar pada abad ke-20. Perkembangan di bidang komputer semakin pesat ketika ditemukannya transtitor pada tahun 1947 oleh jhon bardeen dan mikroprosesor pada tahun 1971. Komputer telah mengubah aspek kehidupan manusia, komputer secara luas telah digunakan dalam berbagai bidang untuk mengontrol dari alat yang paling sederhana seperti telpon hingga ke mesin yang paling rumit seperti pesawat terbang. Begitu juga dengan penggunaan robot yang dikendalikan dengan komputer meningkat dengan pesat. Robot-robot ini mengerjakan pekerjaan yang dirasakan terlalu berbahaya bila digunakan oleh manusia. Kemajuan dan kemampuan teknologi komputer ini terus meningkat setiap hari.
        Selain itu, kemajuan dibidang teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat ketika ditemukannya internet. Internet dapat diartikan sebagai suatu jaringan komunikasi antar komputer. Pada awalnya, yaitu tahun 1969, Departemen Pertahanan dan Keamanan Amerika Serikat mengembangkan suatu jaringan komunikasi yang menjadi cikal bakal internet dengan nama ARPAnet (Advanced Research Project Agency Network ). Jaringan komunikasi ini dibuat dengan tujuan untuk keamanan sistem komputer apabila terjadi bencana atau perang.
         Melihat manfaatnya yang begitu besar para ilmuan dari berbagai Uuniversitas di Amerika Serikat juga mengembangankan jaringan komputer yang mirif dengan ARPAnet, yaitu NSFnet (NSF= National Science Foundation ).   
    
D.  Perkembangan IPTEK di Indonesia 10 Tahun Kebelakang
1.    Permainan
Saya Mungkin akan sedikit bercerita tentang masa lalu saya , Dengan berkembangnya teknologi sungguh banyak perubahan yang terjadi di indonesia ini,  mulai dari proses pembelajaran sampai permainan yang di mainkan anak-anak  Saya masih ingat pada saat saya berumur 7 tahun,


       Gambar 1.1 layang-layang dan kelereng


               Gambar 1.2 main kepandaian kaki


                             Gambar 1.3 lomba ban

             Gambar 1.4 main ular naga panjang
    
Sungguh masa yang menyenangkan saya bermain kelereng, layang-layang,dan lain-lain bersama teman saya.
Dan saya rasa cepat atau lambat pemainan ini akan hilang termakan jaman karena pekembangan teknologi tadi. dan pada jaman sekarang, banyak anak-anak yang seumuran saya dulu dimana pada jaman saya bermain kelereng,layang-layang,dan lain lain, sekarang malah bermain game di warnet dan jarang memainkan permainan tradisional dan mulai melupakannya.
                
                                    Gambar 1.5 main game


2.    Pendidikan
Selain permainan, proses pembelajaran juga sedikit demi sedikit berubah, pada saat saya kelas 3 SD hampir semua teman saya termasuk saya menggunakan abacus sebagai alat bantu hitung,

                                    Gambar 1.6 abasus

Tetapi pada jaman sekarang banyak anak-anak yang duduk di kelas 3 SD mahir menggunakan kalkulator , dan tidak sedikit dari mereka yang tidak mengetahui alat yang bernama abacus tadi. Kemudian,pada jaman dulu guru menjelaskan pelajaran masih menggunakan kapur putih

           Gambar 1.7 guru menulis dengan kapur tulis

         

Sekarang menggunakan spidol, dan ada juga beberapa sekolah yang menggunakan proyektor sebagai alat penyampaian pelajaran atau persentasi tugas.       
  
                                                                                                  
              Gambar 1.8 guru menulis dengan spidol

             Gambar 1.9  murid mempresentasikan tugasnya
   Mungkin kita masih ingat dulu pada saat ulungan semester,paling tidak ada 2   guru di kelas sebagai pengawas dan mondar mandir kemana-mana.

   Gambar  1.10  siswa mengerjakan tugas
Namun sekarang hanya memerlukan 1 orang guru atau pengawas di depan komputer yang terhubung ke CCTV yang berada di setiap kelas dan hanyar mengawasi di satu ruangan, dengan begini tidak memerlukan banyak guru\pengawas untuk mengawasi setiap ruang kelas yang melaksanakan ulangan.
    
Gambar  2.1 komputer yang terhubung dengan CCTV untuk mengawasi   setiap ruangan kelas
                              
3.    Pertanian
Pada jaman dulu petani membajak sawah dengan menggunakan peralatan seadanya seperti menggunakan cankul, dan kerbau untuk membajak sawah
    
 
              Gambar 2.2 pak tani  menggunakan canggkul membajak sawahnya
                                                                                                   

            
             Gambar 2.3 petani membajak sawah dengan menggunakan kerbau


             
              Gambar 2.4 ketam digunakan para petani untuk memanen padi



            Tetapi sekarang petani menggunakan traktor untuk membajak sawah, dan mesin perontok untuk memenen padi.

 Gambar 2.5 traktor alat moderen untuk membajak sawah

            
Gambar 2.6 mesin perontok padi adalah alat moderen pertanian untuk memanen padi                    

E.   Dampak Positif dan negatif  IPTEK
1.    Dampak positif
a.    Dampak positif secara umum
a)    Memberikan berbagai kemudahan
 Perkembangan IPTEK mampu membantu manusia dalam beraktifitas. Terutama yang berhubungan dengan kegiatan perindustrian dan telekomunikasi. Namun, dampak dari perkembangan IPTEK juga berdampak ke berbagai hal seperti kegiatan kehidupan sehari-hari. Semakin majunya teknologi membuat jarak yang jauh menjadi dekat . Dahulu masyarakat mengirim uang jarak jauh menggunakan wesel pos, kini sudah menggunakan e-banking atau transfer. Sehingga aktifitas pengiriman uang dapat lebih cepat di laksanakan tanpa memakan waktu yang lama. Ini adalah contoh efek positif perkembangan IPTEK di dalam membantu aktifitas manusia.
b)    Mempermudah meluasnya berbagai informasi
   Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi kita, dimana tanpa informasi kita akan serba ketinggalan. terlebih lagi ketika berbagai media cetak dan elektronik berkembang pesat. Hal ini memaksa kita untuk mau tidak mau harus bisa dan selalu mendapatkan berbagai informasi. Pada masa dahulu, mahasiswa harus membaca berbagai macam buku sebagai sumber untuk mendapat informasi yang diinginkan. Namun sekarang kegiatan semacam ini sudah mulai ditinggalkan, mereka lebih senang mencari informasinya melalui media internet yang menyediakan layanan untuk pencarian yang mempercepat waktu dan membuat lebih efisien. Bertambahnya pengetahuan dan wawasan.
Komputer dahulu termasuk jenis peralatan yang sangat canggih, dimana hanya orang-orang tertentu yang mampu membelinya apalagi menggunakannya. Namun seiring dengan perkembangan IPTEK, peralatan elektronik seperti komputer, internet, dan handphone (Hp) sudah menjadi benda yang menjamur. Dimana tidak hanya orang-orang tertentu yang mampu menggunakannya, bahkan anak-anak di bawah umur juga dapat menggunakannya. Inilah pengaruh positif perkembangan IPTEK di era globalisasi terhadap ilmu pengetahuan dan wawasan masyarakat kita.
c)    Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
Selama ini, proses pembelajaran yang kita kenal yaitu adanya pembelajaran yang disampaikan hanya dengan tatap muka langsung, namun dengan adanya kemajuan teknologi, proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga  menggunakan jasa pos Internet dan lain-lain.
Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan Teknologi. Dulu, ketika orang melakukan sebuah penelitian, maka untuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh harus dianalisis dan dihitung secara manual. Namun setelah adanya perkembangan IPTEK, semua tugasnya yang dulunya dikerjakan dengan manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi sesuatu yang mudah untuk dikerjakan, yaitu dengan menggunakan media teknologi, seperti Komputer, yang dapat mengolah data dengan memanfaatkan berbagai program. Pemenuhan  Kebutuhan akan Fasilitas Pendidikan dapat Dipenuhi dengan Cepat Dalam bidang pendidikan tentu banyak hal dan bahan yang harus dipersiapkan, salah satu contoh, yaitu ; penggandaan soal ujian, dengan adanya mesin foto copy untuk memenuhi kebutuhan akan jumlah soal yang banyak tentu membutuhkan  waktu yang lama untuk mengerjakannya kalau dilakukan secara manual. Tapi dengan perkembangan teknologi semuanya itu dapat dilakukan hanya dalam waktu yang singkat.
2.    Dampak negatif perkembangan IPTEK
a.    Dampak negatif IPTEK secara umum
1)   Mempengaruhi pola berpikir
       Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang konsumtif dan penasaran serta suka dengan hal baru. Terutama sekali dengan adanya berbagai perubahan pada berbagai peralatan elektronik. Hal ini sangat berdampak buruk terhadap pola berpikir masyarakat. Dewasa ini perkembangan pada teknologi dan komunikasi berpengaruh pada anak di bawah umur. Maraknya jejaring sosial yang ada membuat mereka terjerumus dalam pertemanan yang buruk. Apalagi adanya kejadian kejahatan melalui media jejaring sosial. Anak-anak biasanya belum bisa membedakan mana yang baik dan buruk bagi mereka. Terlebih lagi setiap harinya masyarakat kita disajikan dengan berbagai siaran yang kurang bermanfaat dari berbagi media elektronik.
2)   Hilangnya budaya Tradisional
Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat hilangnya budaya anak-anak bermain permainan tradisional. Anak-anak sekarang cenderung lebih menyukai permainan berbasis online daripada bermain di lapangan. Permainan online yang digemari sering membuat anak lupa waktu dan tidak tertarik pada pelajaran sekolah. Orang tua harus bisa mengontrol dan mengawasi anak supaya tidak mengubah pola pikiran mereka kearah yang negatif.
b.    Dampak negatif IPTEK di Bidang Pendidikan
1)   Siswa menjadi malas belajar
 Dengan adanya peralatan yang seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti laptop dengan jaringan internet, ini malah sering membuat siswa menjadi malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang menghabiskan waktunya untuk internetan yang hanya mendatangkan kesenangan semata, seperti  ; Facebook, Chating, Twitter dan lain-lain, yang semuanya itu tentu akan berpengaruh terhadap minat belajar siswa.
2)   Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam
Selama ini sering kita melihat dan mendengar di siaran TV, tentang adanya kebocoran soal ujian, ini merupakan salah satu akibat dari penyalahgunaan teknologi, karena dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka dengan mudah dapat mengakses informasi dari satu daerah ke daerah lain, inilah yang dilakukan oleh oknum untuk melakukan penyelewengan terkait dengan kebocoran soal ujian,  sehingga kejadian ini sering meresahkan pemerintah dan masyarakat.
3)   Adanya penyalahgunaan system pengolah data yang menggunakan Teknologi.
Dengan adanya pengolahan data dengan system Teknologi, sering akli kita temukan adanya terjadi kecurangan dalam melakukan analisis data hasil penelitian yang dilakukan oleh siswa dan bahkan mahasiswa, ini mereka lakukan untuk mempermudah kepentingan pribadi, dengan mengabaikan hasil penelitian yang dilakukan.






BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Teknologi komunikasi adalah sebuah penemuan baru dalam aspek kehidupan dimana setiap individu dapat menggunakan, mengakses dan memberikan segala hal informasi kepada orang lain secara universal, sedangkan teknologi informasi yaitu mencakup sistem-sistem komunikasi seperti satelit siaran langsung, kabel interaktif dua arah, penyiaran bertenaga rendah (low power broadcasting), computer (termasuk personal komputer dan komputer gengam yang baru), dan televisi (termasuk vidio disk dan video tape cassete). Sebelumnya sekedar menengok kembali, bahwa sebenarnya teknologi informasi itu sendiri telah muncul semenjak zaman pra-sejarah. Dimana pada waktu itu orang sudah mampu menggunakan bentuk komunikasi. Akan tetapi bentuknya masih sangat sederhana. Kemudian semakin berkembang hingga dengan adanya komputer inilah awal dari teknologi komunikasi dalam konteks digital itu sendiri terjadi setelah satelit ditemukan dan di aktifkan. Berbagai macam penemuan yang telah ada sedikit banyak mengubah corak yang masih sangat sederhana. Kemudian semakin berkembang hingga dengan adanya komputer inilah awal dari teknologi komunikasi dalam konteks digital itu sendiri terjadi setelah satelit ditemukan dan diaktifkan. Berbagai macam penemuan yang telah ada sedikit banyak mengubah corak kehidupan dari masyarakat itu kemudian berimbas pada dunia pendidikan yaitu mempermudah dunia pendidikan dimana kini telah ada E-learning. E-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangka panjang luas dengan landasan berdasarkan tiga kriteria diantaranya yaitu:
1.    E-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan mendistribusikan, dan membagi materi atau informasi.
2.    Pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar.
3.    Mefokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran dibalik paradigma pembelajaran tradisional.
Dari perkembangan yang berimbas pada dunia pendidikan ini maka timbullah dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan. Dampak positifnya yaitu pembelajaran yang bisa dilakukan secara jarak jauh, adanya metode pembelajaran yang baru, mudahnya dalam memperoleh informasi secara cepat dan akurat, serta teknologi yang menawarkan audio-visual. Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan yaitu berupa penyalahgunaan teknologi yaitu berupa tindakan kriminal, berkurang motivasi belajar siswa, dan kemerosotan moral dikalangan masyarakat terutama remaja. Untuk menanggulangi hal tersebut maka dapat dilakukan berapa tindakan yang bisa dijadikan solusi yaitu sebagai berikut:   
1.    Pendampingan pendidikan teknilogi dengan bimbingan moral yang seimbang.
2.    Pendampingan pendidikan teknologi dengan bimbingan moral yang seimbang.
3.    Memberikan pengawasan dari orang tua, sekolah dan pemerintah secara umum.
4.    Mendorong motivasi anak didik ke arah pengembangan IPTEK.
5.    Menciptakan jalinan yang kuat antara agama dan IPTEK.
6.    menanamkan sikap dan wawasan yang luuas terhadap kehidupan massa depan. 
B.  Saran
Dengan memperlihatkan perkembangan dan kemajuan zaman dengan sendirinya pemanfaatan dan penguasaan IPTEK mutlak diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. Visi dan misi IPTEK mutlak diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. Dengan memperlihatkan perkembanggan dan pemanfaatan dan penguasaan IPTEK mutlak diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. Visi dan misi IPTEK dirumuskan sebagai panduan untuk mengoptimalkan setiap sumber daya IPTEK yang dimiliki oleh bangsa indonesia, Undang-Undang No. 18 tahun 2002 tentang sistm nasional penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah diberlakukan sejak 29 juli 2002, merupakan penjabaran dari visi dan misi IPTEK sebagaimana termasuk dalam UUD 1995 amademen pasal 31 ayat 5, agar dapat dilaksanakan oleh pemerintah beserta seluruh rakyat dengan sebaik-baiknya. Selain itu pula perkembangan IPTEK di berbagai bidang di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat semestinya dapat meninggkatkan kualitas sumber daya manusia di tengah bermunculannya dampak negatif dari adanya perkembangan IPTEK, sehingga diperlukan pemikiran yang serius dan mantap dalam menghadapi permasalahan dalam penemuan-penemuan baru tersebut.
     



















DAFTAR PUSTAKA

kadir, abdul; tri wahyuni, terra ch; pengenalan teknologi inpormasi dan komunikasi;andi yogyakarta: 2003
suyanto m. Teknologi pengantar informasi untuk bisnis;andi; 2005
simarmata, janer.pengenalan teknologi komputer dan  informasi. Andi yogyakarta. 2006
http://prasetiawan03.blogspot.com/2013/03/pengertian-iptek.html
http://computernetworkmajor.blogspot.com/2013/01/perkembangan-teknologi-10-tahun-terakhir.html
http://ahmadpuriteknik.blogspot.com/2012/12/dampak-positif-dan-negatif-iptek.htmlmenu





Tidak ada komentar:

Posting Komentar