Nama
|
:
|
Anjelina Wahyuni
|
Kelas
|
:
|
3 c Reguler A
|
Satuan pendidikan
|
:
|
SD
|
Kelas/semester
|
:
|
IV/1
|
Tema/sub tema
|
:
|
Berbagai
pekerjaan/jenis-jenis pekerjaan
|
Pembelajaran ke
|
:
|
A. Kompetensi inti
1.
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
1. PJOK
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan
kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan
dibina, sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta.
2.1 Menunjukkan disiplin,
kerja sama, toleransi, belajar menerima kekalahan dan kemenangan, sportif dan
tanggung jawab, serta menghargai perbedaan.
2.2 menunjukan perilaku
santun kepada teman, guru, dan lingkungan sekolah selama pelajaran penjas.
3.2 Memahami pengaruh
aktivitas fisikdan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.2 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif
dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan
dan atau olahraga tradisional bola kecil
2. Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi,
sosial, serta permasalahan sosial.
2.4 Memiliki kepedulian
terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3 Menggali informasi dari teks wawancara
tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks wawancara
tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
3. Matematika
2.6 Menunjukkan perilaku
peduli dengan cara memanfaatkan barang barang bekas yang ada di sekitar rumah
sekolah atau tempat bermain untuk membuat benda-benda berbentuk kubus dan balok
bangun berdasarkan jaring-jaring bangun
ruang yang ditemukan.
3.9 Memahami luas
segitiga, persegi panjang, dan persegi
3.10 Menentukan
hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling
persegi panjang
4.10 Mengembangkan,
dan membuat berbagai pola numerik dan geometris
4.
PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat sekitar.
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat
sekitar.
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga
dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di
lingkungan rumah, sekolah,dan masyarakat.
C.
INDIKATOR
1. PJOK
1.1.1
Menunjukan rasa syukur atas kelengkapan anggota tubuh dan
fungsinya.
1.2.1
Menunjukan kesadaran untuk memelihara
dan membina anggota tubuh.
2.1.1 Menunjukkan sikap
dan perilaku disiplin, kerja sama, toleransi, belajar menerima kekalahan dan
kemenangan, sportif dan tanggung jawab, serta menghargai perbedaan.
2.2.1 Menunjukan
perilaku tertib dan disiplin saat mengikuti kegiatan pembelajaran.
3.2.1 Menjelaskan manfaat gerak senam irama bagi
pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.2.1
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan
manipulatif dalam permainan bola kecil.
2. Bahasa
Indonesia
1.2.1 Menunjukan rasa
syukur pada Tuhan Yang Maha Esa dalam
segala hal
2.4.1 Menunjukan
kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya
alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3.1 Menyajikan hasil
wawancara tentang jenis-jenis usaha dan
pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi.
4.3.1
Membedakan kalimat langsung dan tidak langsung
3. Matematika
2.6.1 Mempraktikan perilaku
peduli dengan cara memanfaatkan barang barang bekas yang ada di sekitar rumah
sekolah atau tempat bermain untuk membuat benda-benda berbentuk kubus dan balok
bangun berdasarkan jaring-jaring bangun
ruang yang ditemukan.
3.9.1 Menjelaskan luas segitiga, persegi panjang,
dan persegi
3.10.1
Mengidentifikasi hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling
persegi panjang.
4.10.1
Menstimulasi, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris
4. PPKn
1.2.1 Menunjukan perilaku menghargai kebersamaan
dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah,
sekolah, dan masyarakat sekitar.
2.3.1 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan
masyarakat sekitar.
3.2.1 Menjelaskan kewajiban sebagai warga di
lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.2.1 Mempraktikan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah,
sekolah,dan masyarakat.
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
permainan bulu tangkis, peserta didik dapat mempraktikan cara memukul dengan
benar.
2. Memalui
diskusi, peserta didik dapat menjelaskan konsep bermain bulu angkis dengan
benar.
3. Setelah
membaca teks dialog dan laporan siswa mampu membedakan kalimat langsung dan tak
langsung dengan benar.
4. Dengan
memahami contoh dialog, siswa mampu membuat dialog dengan pasangannya dengan
sesuai konteks.
5. Dengan
membaca teks dialog, siswa mampu menceritakan isi dialog dengan kalimat tak
langsung.
6. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan pentingnya menjalankan kewajiban
sebagai seorang pekerja dengan rinci.
7. Setelah
kegiatan eksplorasi, siswa mampu menghitung luas bangun datar dengan satuan
tidak baku. Dengan mengamati sisi-sisi bangun datar, siswa mampu menghitung keliling
bangun datar.
E.
Materi Ajar
1. Langkah-langkah bermain bulu tangkis
a.
Pemanasan
Melangkah kedepan-kebelakang, dan melangkah
kekanan-kekiri
b.
Sambil maju ke depan tangan keatas memegang
raket
c.
Bermain bulu tangkis
1) Kegiaan pemanasan
(a) Memukul bola sendiri.
(b) Memukul bola berpasangan.
2)
Kegiatan inti
(a) Servis bawah
(1)Siswa melakukan servis tanpa net.
(2)Siswa melakukan servis menggunakan net.
(b) Servis atas
(1) Siswa melakukan servis tanpa net.
(2) Siswa melakukan servis menggunakan net.
3) Bermain bulu tangkis
(a) Siswa melakukan permainan bulu tangkis menggunakan
peraturan yang disederhanakan.
(b) Siswa melakukan permanan bulu tangkis
individual.
(c) Siswa melakukan permainan bulu tangkis
berpasangan.
2. Wawancara
Siti Julaihah
|
:
|
Apa kabar mbak susi?
|
Susi Susanti
|
:
|
Kabar baik,Bu.
|
Siti Julaihah
|
:
|
Bisakah anda menceritakan biodata diri
anda?
|
Suci Susanti
|
:
|
Nama lengkap saya Lucia Fransiska Susi
Susanti. Saya lahir 11 Februari, tahun 1971 di Tasikmalaya.
|
Siti Julaihah
|
:
|
prestasi terbaik apa yang pernah anda raih?
|
Susi Susanti
|
:
|
Saya mendapat mendali emas di Olimpiade
Barcelona yahun 1995 dan mendali perunggu di Olimpiade Atlanta 1996.
|
Siti Julaihah
|
:
|
Tentunya prestasi anda ini telah membuat
nama indonesia telah dikenal oleh dunia.
|
Susi Susanti
|
:
|
Semoga bu, saya ingin melakukan yang
terbaikuntuk negara kita.
|
Siti Julaihah
|
:
|
Baik mbak susi terimakasih atas waktunya.
|
Susi Susanti
|
:
|
Sama-sama Bu.
|
Tirukan
percakapan yang dilakukan oleh Siti Julaihah dan Susi Susanti bersama temanmu
menggunakan dialog diatas.
Ayah Nunung suka sekali berolahraga
bulutangkis. Nunung kemudian menceritakan kembali wawancara yang ia lihat tadi.
Ayah Nunung tidak mendengar langsung percakapan antara Siti Julaihah dan Susi
Susanti. Ia mendengar isi wawancara Nunung.
Tadi seorang wartawan bernama Siti Julaihah
melakukan wawancara dengan Susi Susanti. Wartawan itu menanyakan berbagai ha,
seperti biodata diri dan prestasi Susi Susanti. Susi berkata baahwa ia lahir
tanggal 11 Feburuari tahun 1971 di
Tasikmalaya. Susi juga bahwa ia mendapatkan mendapatkan mendali emas di
Olimpiade Barcelona tahun 1995 dan mendali perunggu di Olimpiade Atlanta
1996. Wartawan itu juga berkomentar bahwa prestasi Susi Susanti itu telah
membuat nama Indonesia dikenal oleh dunia
|
3. Mengamati Gambar
Amatilah gambar dari berbagai jenis
pekerjaan berikut dibawah ini
a.
Artis
b.
seniman
c.
dokter
d.
penari
Jawablah pertanyaan berikut:
1. Bagaimana perasaan mu saat menonton tayangan artis atau
seniman faforitmu?
2.
Apa yang dapat kamu simpulkan dari tugas
seorang seniman atau artis?
3.
Apa yang harus dilakukan agar dapat menjadi
seorang seniman yang berhasil?
4.
Apa yang dapat kamu simpulkan dari tugas
seorang dokter?
5.
Apa yang harus dilakukan agar menjadi penari
yang berhasil?
4.
Persegi panjang
Bagaimana dengan luas persegi?
Persegi mempunyai sisi yang sama
panjang.
Jika L = luas persegidan s = banyak
satuan yang menutupi sisi-sisi persegi maka L =s x s
Nah, sekarang bagaimana dengan keliling
persegi panjang? Perhatikan gambar berikut!
Perhatikanlah persegi panjang berikut!
Lebar
Panjang
|
Ditutupi
oleh persegi satu satuan
Jumlah ukuran sisi yang membatasi sebuah
bangun merupakan keliling dari
bangun tersebut.
Pada bangun di atas, kelilingnya adalah
AB + BC + CD + DA = 6 satuan + 4
satuan + 6 satuan + 4 satuan = 20 satuan
Jadi keliling
persegi panjang 2 x ( ukuran panjang + ukuran lebar).
Lalu bagaimana
dengan keliling persegi?
Ukuran
sisi-sisinya = s. jika keliling persegi= maka k = s + s + s + s
Contoh soal:
12 cm
6 cm
|
Luas = panjang x
lebar
= 12 cm x 6 cm
= 72 cm
Keliling = 2 x (panjang + lebar)
= 2 x (12 cm + 6 cm)
= 144 cm
F.
Alokasi
Waktu
6 x 35 Menit
G.
Pendekatan
dan Metode
Tanya jawab
Diskusi dan Demokrasi
H.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan
awal (5 menit)
a)
Mengucapkan
salam
b)
Peserta
didik memulai kegiatan dengan berdoa
c)
Memeriksa
kebersihan kelas
d)
Mengecek
kehadiran siswa
e)
Bertanya
jawab untuk menyipkan kondisi peserta didik dalam menerima pelajaran.
f)
Memberikan
apesiasi kepada siswa.
Kemarin kan ibu sudah memberikan tugas
kira-kira masih ingat tidak alat alat yang ibu suruh bawa, coba sebutkan?
g)
Informasi
Materi
h)
Informasi
tujuan belajar
i)
Penyampaian
kontrak belajar
1)
Pada
saat ibu bertanya jangan langsung
dijawab, nanti ibu akan tunjuk salah satu dari kalian untuk menjawab?
2)
Pada
saat ibu menjelaskan kalian jangan ribut
3)
Pada
saat belajar jangan menggangu teman.
4)
Pada
saat mengerjkan tugas dan ujian tidak boleh mencontek, dan meminjam alat tulis.
2.
Kegiatan
inti (200 menit)
a)
Seluruh
peserta didik memakai perlengkapan olah raga dengan bimbingan guru keluar kelas
untuk bermain bulu tangkis.
1)
Peserta
didik dan guru melakukan pemanasan.
2)
Peserta
didik membagi kelompok yang terdiri atas dua orang.
3)
Sebelum
perlombaan / permainan dimulai guru meminta anak untuk mencari strategi
memenangkan / menguasai cara bermain bulu tangkis.
4)
Setelah
berlomba guru bertanya apa yang kalian rasakan setelah lomba? sikap apa yang
harus kalian miliki saat berlomba?
b)
Peserta
didik dan guru kembali ke kelas
1)
Setelah
kembali ke kelas, peserta didik mengganti seragam mereka, setelah itu guru akan
membagikan tugas dalam kelompok. Peserta didik akan berdiskusi dan menjawab pertanyaan tertulis yang diberikan
guru. ( pertanyaannya ada di
bagian I a. Tugas kelompok )
2)
Setelah
menjawab pertanyaan, salah satu perwakilan kelompok akan mempresentasikan hasil
diskusi kepada kelompok lain secara bergiliran. Setiap anggoota kelompok
memberikan komentar dan saran.
3)
Setelah
semua perwakilan dari seluruh kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka,
selanjutnya guru dan peserta didik merangkum bersama cara bermain bulu tangkis dengan benar.
4)
Peserta
didik diberi kesempatan untuk bertanya.
5)
Peserta
didik mengerjakan tugas yang di berikan guru. (pertanyaannya ada di bagian I b.
Tugas mandiri)
c)
Peserta
didik membaca senyap percakapan antara siti Julaihah dan susi susanti
1)
Peserta didik membaca dan memahami percakapann Siti
Julaihah dan Susi Susanti.
(percakapannya ada di bagian I c)
2)
Peserta
didik diminta untuk berpasangan melakukan percakapan tersebut.
3)
Peserta
didik belajar kalimat langsung dan tidak langsung
4)
Peserta
didik diingatkan kembali untuk memperhatikan penggunaan titik dua(:) pada teks
tersebut.
5)
Peserta
didik diminta untuk berperan sebagai Siti Julaihah untuk menceritakan kembali
perkataan Susi Susanti kepada teman yang lain.
6)
Peserta
didik kemudian menuliskan kembali hasil percakapan bersama teman di buku
masing-masing
d)
Guru
meminta siswa untuk mengamati gambar
1)
Peserta didik mengamati gambar berbagai jenis
pekerjaan. (Gambarnya ada di bagian I d)
2)
Peserta didik menuliskan nama pekerjaan dan tugas
masing- masing pekerjaan tersebut. (Tugasnya
ada di bagian I d)
3)
Peserta didik menuliskan jenis profesi yang
pekerjaannya membantu masyarakat. (Tugasnya
ada di bagian I d)
e)
Peserta
didik membaca proses mencari luas lingkaran dan keliling menggunakan lantai ubin berbentuk
persegi.
1)
guru
mengingatkan peserta didik tentang pelajaran luas di materi sebelumnya
a)
jika
lantai kelas menggunakan ubin berbentuk persegi, guru dapat meminta siswa untuk
menghitung semua jumlah ubin yang menutupi area kelas di sisi panjang dan di
sisi lebar, kemudian dikalikan.
b)
Kemudian
minta peserta didik untuk menghitung semua jumlah ubin yang menutupi are kelas
sehingga hasilnya dengan hasil luas yang didapat.
c)
Jumlah
ubin dihitung menggunakan rumus luas
secara satuan.
3.
Kegiatan
penutup (5 menit)
1)
Guru
menguatkan teori tentang menghitung luas permukaan persegi dan persegi panjang
2)
Peserta didik mendapat tugas.(tugasnya pada bagian I e)
I.
tes
a.
Tugas
kelompok
1.
Apa
saja perlengkapan yang harus dibawa untuk bermain bulu tangkis?
2.
Apa
saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bermain bulu tangkis? Jelaskan
!
b.
Tugas
Mandiri
1.
Sebutkanlah
dua serivis atas ?
2.
Apa
saja yang dilakukan saat kegiatan pemanasan ?
c.
Bacalah
percakapan di bawah ini dengan seksama!
Siti Julaihah
|
:
|
Apa kabar mbak susi?
|
Susi Susanti
|
:
|
Kabar baik,Bu.
|
Siti Julaihah
|
:
|
Bisakah anda menceritakan biodata diri
anda?
|
Suci Susanti
|
:
|
Nama lengkap saya Lucia Fransiska Susi
Susanti. Saya lahir 11 Februari, tahun 1971 di Tasikmalaya.
|
Siti Julaihah
|
:
|
prestasi terbaik apa yang pernah anda raih?
|
Susi Susanti
|
:
|
Saya mendapat mendali emas di Olimpiade
Barcelona yahun 1995 dan mendali perunggu di Olimpiade Atlanta 1996.
|
Siti Julaihah
|
:
|
Tentunya prestasi anda ini telah membuat
nama indonesia telah dikenal oleh dunia.
|
Susi Susanti
|
:
|
Semoga bu, saya ingin melakukan yang
terbaikuntuk negara kita.
|
Siti Julaihah
|
:
|
Baik mbak susi terimakasih atas waktunya.
|
Susi Susanti
|
:
|
Sama-sama Bu.
|
1.
Bacalah
dialog diatas bersama temanmu?
2. Berperanlah sebagai Siti Julaihah dan ceritakan kembali
perkataan Susi Susanti kepada teman yang lain ?
3. Tuliskan kembali
hasil percakapan bersama teman di buku masing-masing ?
d.
Perhatikanlah
gambar-gambar berikut ini!
1.
Pekerjaan:
.... Tugas
: ....
2.
Pekerjaan:
.... Tugas
: ....
3.
Pekerjaan:
.... Tugas
: ....
4.
Pekerjaan:
.... Tugas
: ....
5.
Pekerjaan:
.... Tugas
: ....
6.
Pekerjaan:
.... Tugas
: ....
7.
Pekerjaan:
.... Tugas
: ....
8.
Pekerjaan:
.... Tugas
: ....
9.
Pekerjaan:
.... Tugas
: ....
10.
Pekerjaan:
.... Tugas
: ....
Dari gambar dari gambar tersebut
jawablah pertanyaan berikut:
1.
Isilah
titik diatas gambar tersebut !
2.
Dari
gambar di atas ada beberapa jenis profesi yang pekerjaannya membantu masyarakat
sebutkan !
e.
Hitunglah
luas dan keliling persegi di bawah ini !
19 cm
5 cm
|
1.
Luas = ....
Keliling = ....
25 cm
5
cm
|
2.
Luas
= ....
Keliling = ....
J.
Kunci
Jawaban dan penilaian di buku siswa
a. Tugas Kelompok (nilai 5)
1.Perlengkapan yang harus dibawa
untuk bermain bulu tangkis
Ø Raket (pemukul)
Ø Kok /
Shuttlecock (bola)
Ø Net
Ø Sepatu dan
pakaian
2. langkah-langkah bermain bulu
tangkis (nilai 5)
1)
Kegiaan pemanasan
(a)
Memukul bola sendiri.
(b)
Memukul bola berpasangan.
2)
Kegiatan inti
(a)
Servis bawah
(1) Siswa melakukan servis tanpa net.
(2) Siswa melakukan servis menggunakan net.
(b) Servis atas
(1) Siswa melakukan servis tanpa net.
(2)
Siswa melakukan servis menggunakan net.
3) Bermain bulu tangkis
(a)
Siswa melakukan permainan bulu tangkis menggunakan peraturan yang
disederhanakan.
(b)
Siswa melakukan permanan bulu tangkis individual.
(c) Siswa melakukan permainan
bulu tangkis berpasangan.
b. Tugas Mandiri
1. Dua servis atas (nilai
5)
Ø Siswa melakukan servis tanpa net
Ø Siswa melakukan servis menggunakan net.
2. Kegiaan pemanasan (nilai
5)
(a)
Memukul bola sendiri.
(b)
Memukul bola berpasangan.
c. membaca percakapan
1. membaca bersama teman (nilai 4)
2. berperan sebagai siti dan menceritakan
kembali perkataan susi (nilai 4)
3. menuliskan kembali hasil percakapan (nilai 2)
d. memperhatikan gambar-gambar
1.
mengisi titik titik
1. Pekerjaan: guru (nilai 0,5)
Tugas :
mendidik (nilai 0,5)
2.
Pekerjaan: dokter (nilai 0,5)
Tugas :
memeriksa dan mengbati (nilai
0,5)
3.
Pekerjaan:
kepala koki (nilai 0,5)
Tugas :
memasak (nilai 0,5)
4.
Pekerjaan:
penari (nilai 0,5)
Tugas :
menari (nilai 0,5)
5.
Pekerjaan: perancang busana (desainer) (nilai 0,5)
Tugas :
merancang busana(nilai 0,5)
6.
Pekerjaan:
pemadam kebakaran (nilai 0,5)
Tugas :
memadamkan api (nilai 0,5)
7.
Pekerjaan:
polisi (nilai 0,5)
Tugas :
menegakkan keadilan (nilai 0,5)
8.
Pekerjaan: tani (nilai
0,5)
Tugas
: bercocok taman (nilai 0,5)
9.
Pekerjaan:
fotografer (nilai 0,5)
Tugas :
mengambil gambar (nilai 0,5)
10.
Pekerjaan:
pembawa berita(nilai 0,5)
Tugas :
melaporkan kejadian(nilai 0,5)
2.
profesi yang membantu masarakat adalah dokter, pemadam kebakaran polisi,guru,
petani dan pembawa berita (nilai 10)
e. menghitung luas dan keliling
1. luas = panjang x lebar(nilai 5)
= 19cm x 5cm
= 95 cm
keliling = 2 x (panjang x lebar)
= 2x (19cm x 5cm)
= 2 x 95 cm
= 190 cm
2. luas =
panjang x lebar(nilai 5)
= 25 cm x 5 cm
=125 cm
Keliling = 2 x (panjang x lebar)
= 2 x(25 cm x 5 cm)
= 2 x 125cm
= 250 cm
K.
Penilaian
Keseharian
siswa
1.
Daftar
periksa PJOK
No
|
Nama
|
KriteriaPenilaian
Peserta didik mampu
|
Jumlah skor
|
Total nilai
|
||
Pemanasan
|
Bermain
bulu
tangkis
|
pulkan
|
||||
1
|
Arna
|
|||||
2
|
Dwi
|
|||||
3
|
Juminah
|
|||||
4
|
Neli
|
|||||
5
|
Nunung
|
|||||
6
|
Sinta
|
|||||
7
|
Suci
|
Berilah tanda
BS, B, C PBI pada tabel tersebut.
Keterangan :
BS ( 4 )
|
:
|
Bekerja
|
B ( 3 )
|
:
|
Sebagian
|
S ( 2 )
|
:
|
Terkadang
|
T ( 1 )
|
:
|
Tidak bisa
|
Skor yang diperoleh
12
2.
Daftar
periksa PPKN dan Bahasa Indonesia
No
|
Nama
|
KriteriaPenilaian
Peserta didik mampu
|
Jumlah skor
|
Total nilai
|
||
Berbicara
|
kerjasama
|
Teliti
|
||||
1
|
Arna
|
|||||
2
|
Dwi
|
|||||
3
|
Juminah
|
|||||
4
|
Neli
|
|||||
5
|
Nunung
|
|||||
6
|
Sinta
|
|||||
7
|
Suci
|
Berilah tanda
BS, B, C PBI pada tabel tersebut.
Keterangan :
BS ( 4 )
|
:
|
Bekerja
|
B ( 3 )
|
:
|
Sebagian
|
S ( 2 )
|
:
|
Terkadang
|
T ( 1 )
|
:
|
Tidak bisa
|
Skor yang diperoleh
12
3.
Daftar
periksa Matematika
No
|
Nama
|
KriteriaPenilaian
Peserta didik mampu
|
Jumlah skor
|
Total nilai
|
||
Menghitung
|
kerjasama
|
Teliti
|
||||
1
|
Arna
|
|||||
2
|
Dwi
|
|||||
3
|
Juminah
|
|||||
4
|
Neli
|
|||||
5
|
Nunung
|
|||||
6
|
Sinta
|
|||||
7
|
Suci
|
Berilah tanda
BS, B, C PBI pada tabel tersebut.
Keterangan :
BS ( 4 )
|
:
|
Bekerja
|
B ( 3 )
|
:
|
Sebagian
|
S ( 2 )
|
:
|
Terkadang
|
T ( 1 )
|
:
|
Tidak bisa
|
Skor yang diperoleh
12
Penilaian dibuku guru
Penilaian keseharian
120
137
L.
Sumber
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia, 2013. Berbagai Pekerjaan Buku Tematik Terpadu
Kurikulum
Abdulah Arna. 1998. Evaluasi Dalam
Pendidikan Jasmani. Jakarta. Dirjen Dikti
Alhusin, Syahir. 2007. Gemar Bermain
Bulu Tangkis. Yogyakarta. Setiaji
Tidak ada komentar:
Posting Komentar