Sabtu, 16 Juli 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)2013

Nama
:
Anjelina Wahyuni
Kelas
:
3 c Reguler A
Satuan pendidikan
:
SD
Kelas/semester
:
IV/1
Tema/sub tema
:
Berbagai pekerjaan/jenis-jenis pekerjaan
Pembelajaran ke
:
1





A.         Kompetensi inti
1.    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.    
B.            Kompetensi Dasar
1.      PJOK                     
1.1         Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2         Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta.
2.1  Menunjukkan disiplin, kerja sama, toleransi, belajar menerima kekalahan dan kemenangan, sportif dan tanggung jawab, serta menghargai perbedaan.           
2.2    menunjukan perilaku santun kepada teman, guru, dan lingkungan sekolah selama pelajaran penjas.
3.2 Memahami pengaruh aktivitas fisikdan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil

2.      Bahasa Indonesia                                               
1.2   Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial.
2.4   Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3  Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3  Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.     Matematika
2.6   Menunjukkan perilaku peduli dengan cara memanfaatkan barang barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain untuk membuat benda-benda berbentuk kubus dan balok bangun berdasarkan  jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan.
3.9    Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
3.10 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang                  
4.10 Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris

4.                  PPKn
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
2.3   Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2  Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.2  Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah,dan masyarakat.

C.           INDIKATOR
1.      PJOK                        
1.1.1            Menunjukan rasa syukur atas kelengkapan anggota tubuh dan fungsinya.
1.2.1            Menunjukan kesadaran untuk memelihara dan membina anggota tubuh.
2.1.1      Menunjukkan sikap dan perilaku disiplin, kerja sama, toleransi, belajar menerima kekalahan dan kemenangan, sportif dan tanggung jawab, serta menghargai perbedaan.         
2.2.1      Menunjukan perilaku tertib dan disiplin saat mengikuti kegiatan pembelajaran.
3.2.1      Menjelaskan manfaat gerak senam irama bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.2.1            Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar                      lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil.
2.      Bahasa Indonesia
1.2.1   Menunjukan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa dalam         segala hal
2.4.1    Menunjukan kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya  alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3.1  Menyajikan hasil wawancara tentang jenis-jenis usaha dan  pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi.
4.3.1            Membedakan kalimat langsung dan tidak langsung
3.      Matematika           
2.6.1      Mempraktikan  perilaku peduli dengan cara memanfaatkan barang barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain untuk membuat benda-benda berbentuk kubus dan balok bangun berdasarkan  jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan.
3.9.1      Menjelaskan luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
3.10.1 Mengidentifikasi hubungan antara satuan dan atribut     pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang.
4.10.1        Menstimulasi, dan membuat berbagai pola numerik dan      geometris
4.      PPKn
1.2.1      Menunjukan perilaku menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
2.3.1      Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2.1      Menjelaskan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.2.1      Mempraktikan  kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah,dan masyarakat.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui permainan bulu tangkis, peserta didik dapat mempraktikan cara memukul dengan benar.
2.      Memalui diskusi, peserta didik dapat menjelaskan konsep bermain bulu angkis dengan benar.
3.      Setelah membaca teks dialog dan laporan siswa mampu membedakan kalimat langsung dan tak langsung dengan benar.
4.      Dengan memahami contoh dialog, siswa mampu membuat dialog dengan pasangannya dengan sesuai konteks.
5.      Dengan membaca teks dialog, siswa mampu menceritakan isi dialog dengan kalimat tak langsung.
6.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan pentingnya menjalankan kewajiban sebagai seorang pekerja dengan rinci.
7.      Setelah kegiatan eksplorasi, siswa mampu menghitung luas bangun datar dengan satuan tidak baku. Dengan mengamati sisi-sisi bangun datar, siswa mampu menghitung keliling bangun datar.      

E.            Materi Ajar
1.    Langkah-langkah bermain bulu tangkis
a.         Pemanasan
Melangkah kedepan-kebelakang, dan melangkah kekanan-kekiri
b.        Sambil maju ke depan tangan keatas memegang raket
c.         Bermain bulu tangkis

        
1)      Kegiaan pemanasan
(a) Memukul bola sendiri.
(b) Memukul bola berpasangan.
2)  Kegiatan inti
(a) Servis bawah
(1)Siswa melakukan servis tanpa net.
(2)Siswa melakukan servis menggunakan net.
(b) Servis atas
(1) Siswa melakukan servis tanpa net.
(2) Siswa melakukan servis menggunakan net.
3) Bermain bulu tangkis
(a) Siswa melakukan permainan bulu tangkis menggunakan peraturan     yang disederhanakan.
(b) Siswa melakukan permanan bulu tangkis individual.
(c) Siswa melakukan permainan bulu tangkis berpasangan.
                                       
2.    Wawancara
Siti Julaihah
:
Apa kabar mbak susi?
Susi Susanti
:
Kabar baik,Bu.
Siti Julaihah
:
Bisakah anda menceritakan biodata diri anda?
Suci Susanti
:
Nama lengkap saya Lucia Fransiska Susi Susanti. Saya lahir 11 Februari, tahun 1971 di Tasikmalaya.
Siti Julaihah
:
prestasi terbaik apa yang pernah anda raih?
Susi Susanti
:
Saya mendapat mendali emas di Olimpiade Barcelona yahun 1995 dan mendali perunggu di Olimpiade Atlanta 1996.
Siti Julaihah
:
Tentunya prestasi anda ini telah membuat nama indonesia telah dikenal oleh dunia.
Susi Susanti
:
Semoga bu, saya ingin melakukan yang terbaikuntuk negara kita.
Siti Julaihah
:
Baik mbak susi terimakasih atas waktunya.
Susi Susanti
:
Sama-sama Bu.

            Tirukan percakapan yang dilakukan oleh Siti Julaihah dan Susi Susanti bersama temanmu menggunakan dialog diatas.

Ayah Nunung suka sekali berolahraga bulutangkis. Nunung kemudian menceritakan kembali wawancara yang ia lihat tadi. Ayah Nunung tidak mendengar langsung percakapan antara Siti Julaihah dan Susi Susanti. Ia mendengar isi wawancara Nunung.
Tadi seorang wartawan bernama Siti Julaihah melakukan wawancara dengan Susi Susanti. Wartawan itu menanyakan berbagai ha, seperti biodata diri dan prestasi Susi Susanti. Susi berkata baahwa ia lahir tanggal  11 Feburuari tahun 1971 di Tasikmalaya. Susi juga bahwa ia mendapatkan mendapatkan mendali emas di Olimpiade Barcelona tahun 1995 dan mendali perunggu di Olimpiade Atlanta 1996. Wartawan itu juga berkomentar bahwa prestasi Susi Susanti itu telah membuat nama Indonesia dikenal oleh dunia      


3.      Mengamati Gambar
                      Amatilah gambar dari berbagai jenis pekerjaan berikut  dibawah ini
a.              Artis

b.             seniman

c.              dokter


d.             penari

  Jawablah pertanyaan berikut:
1.      Bagaimana perasaan mu saat menonton tayangan artis atau seniman faforitmu?
2.      Apa yang dapat kamu simpulkan dari tugas seorang seniman atau artis?
3.      Apa yang harus dilakukan agar dapat menjadi seorang seniman yang berhasil?
4.      Apa yang dapat kamu simpulkan dari tugas seorang dokter?
5.      Apa yang harus dilakukan agar menjadi penari yang berhasil?


4.                   Persegi panjang
Bagaimana dengan luas persegi?

Persegi mempunyai sisi yang sama panjang.
Jika L = luas persegidan s = banyak satuan yang menutupi sisi-sisi persegi maka L =s x s
Nah, sekarang bagaimana dengan keliling persegi panjang? Perhatikan gambar berikut!
Perhatikanlah persegi panjang berikut!
           
                   Lebar  

 Panjang


                                                       
                     

             
                               
  
                             
                                     Ditutupi oleh persegi satu satuan                        
                                 
                           
 




























Jumlah ukuran sisi yang membatasi sebuah bangun merupakan keliling dari
bangun tersebut.
Pada bangun di atas, kelilingnya adalah AB + BC + CD + DA = 6 satuan + 4
satuan + 6 satuan + 4 satuan = 20 satuan
Jadi keliling persegi panjang 2 x ( ukuran panjang + ukuran lebar).  
Lalu bagaimana dengan keliling persegi?
Ukuran sisi-sisinya = s. jika keliling persegi= maka k = s + s + s + s  
Contoh soal:
                        
                              12 cm

6 cm
Luas = panjang x lebar
          = 12 cm x 6 cm
          = 72 cm

     Keliling = 2 x (panjang + lebar)
                   = 2 x (12 cm + 6 cm)
                  = 144 cm

F.      Alokasi Waktu
             6 x 35 Menit

G.    Pendekatan dan Metode
Tanya jawab
Diskusi dan Demokrasi

H.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan awal (5 menit)
a)             Mengucapkan salam
b)             Peserta didik memulai kegiatan dengan berdoa
c)             Memeriksa kebersihan kelas
d)            Mengecek kehadiran siswa
e)             Bertanya jawab untuk menyipkan kondisi peserta didik dalam menerima pelajaran.
f)              Memberikan apesiasi kepada siswa.
Kemarin kan ibu sudah memberikan tugas kira-kira masih ingat tidak alat alat yang ibu suruh bawa, coba sebutkan?
g)             Informasi Materi
h)             Informasi tujuan belajar
i)               Penyampaian kontrak belajar
1)      Pada saat ibu  bertanya jangan langsung dijawab, nanti ibu akan tunjuk salah satu dari kalian untuk menjawab?
2)      Pada saat ibu menjelaskan kalian jangan ribut
3)      Pada saat belajar jangan menggangu teman.
4)      Pada saat mengerjkan tugas dan ujian tidak boleh mencontek, dan meminjam alat tulis.
2.      Kegiatan inti (200 menit)
a)      Seluruh peserta didik memakai perlengkapan olah raga dengan bimbingan guru keluar kelas untuk bermain bulu tangkis.
1)              Peserta didik dan guru melakukan pemanasan.
2)              Peserta didik membagi kelompok yang terdiri atas dua orang.
3)              Sebelum perlombaan / permainan dimulai guru meminta anak untuk mencari strategi memenangkan / menguasai cara bermain bulu tangkis.
4)              Setelah berlomba guru bertanya apa yang kalian rasakan setelah lomba? sikap apa yang harus kalian miliki saat berlomba?
b)      Peserta didik dan guru kembali ke kelas
1)                 Setelah kembali ke kelas, peserta didik mengganti seragam mereka, setelah itu guru akan membagikan tugas dalam kelompok. Peserta didik akan berdiskusi dan menjawab pertanyaan tertulis yang diberikan guru. ( pertanyaannya ada di bagian I  a. Tugas kelompok )
2)                 Setelah menjawab pertanyaan, salah satu perwakilan kelompok akan mempresentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain secara bergiliran. Setiap anggoota kelompok memberikan komentar dan saran.
3)                 Setelah semua perwakilan dari seluruh kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka, selanjutnya guru dan peserta didik merangkum bersama cara  bermain bulu tangkis dengan benar.
4)                 Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya.
5)                 Peserta didik mengerjakan tugas yang di berikan guru. (pertanyaannya ada di bagian I  b. Tugas mandiri)
c)      Peserta didik membaca senyap percakapan antara siti Julaihah dan susi susanti
1)      Peserta didik membaca dan memahami percakapann Siti Julaihah dan Susi Susanti. (percakapannya ada di bagian I c)
2)      Peserta didik diminta untuk berpasangan melakukan percakapan tersebut.
3)      Peserta didik belajar kalimat langsung dan tidak langsung
4)      Peserta didik diingatkan kembali untuk memperhatikan penggunaan titik dua(:) pada teks tersebut.
5)      Peserta didik diminta untuk berperan sebagai Siti Julaihah untuk menceritakan kembali perkataan Susi Susanti kepada teman yang lain.
6)      Peserta didik kemudian menuliskan kembali hasil percakapan bersama teman di buku masing-masing

d)     Guru meminta siswa untuk mengamati gambar
1)      Peserta didik mengamati gambar berbagai jenis pekerjaan.  (Gambarnya ada di bagian I d)
2)      Peserta didik menuliskan nama pekerjaan dan tugas masing- masing pekerjaan tersebut. (Tugasnya ada di bagian I d) 
3)      Peserta didik menuliskan jenis profesi yang pekerjaannya membantu masyarakat. (Tugasnya ada di bagian I d) 
e)        Peserta didik membaca proses mencari luas lingkaran dan   keliling menggunakan lantai ubin berbentuk persegi.
1)      guru mengingatkan peserta didik tentang pelajaran luas di materi sebelumnya 
a)      jika lantai kelas menggunakan ubin berbentuk persegi, guru dapat meminta siswa untuk menghitung semua jumlah ubin yang menutupi area kelas di sisi panjang dan di sisi lebar, kemudian dikalikan.
b)      Kemudian minta peserta didik untuk menghitung semua jumlah ubin yang menutupi are kelas sehingga hasilnya dengan hasil luas yang didapat.
c)      Jumlah ubin dihitung menggunakan rumus luas  secara satuan.
3.      Kegiatan penutup (5 menit)
1)      Guru menguatkan teori tentang menghitung luas permukaan persegi dan persegi panjang
2)      Peserta didik mendapat tugas.(tugasnya pada bagian I e)
I.       tes
a.       Tugas kelompok
1.      Apa saja perlengkapan yang harus dibawa untuk bermain bulu tangkis?
2.      Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bermain bulu tangkis? Jelaskan !
b.      Tugas Mandiri
1.      Sebutkanlah dua serivis atas ?
2.      Apa saja yang dilakukan saat kegiatan pemanasan ?
c.       Bacalah percakapan di bawah ini dengan seksama!
Siti Julaihah
:
Apa kabar mbak susi?
Susi Susanti
:
Kabar baik,Bu.
Siti Julaihah
:
Bisakah anda menceritakan biodata diri anda?
Suci Susanti
:
Nama lengkap saya Lucia Fransiska Susi Susanti. Saya lahir 11 Februari, tahun 1971 di Tasikmalaya.
Siti Julaihah
:
prestasi terbaik apa yang pernah anda raih?
Susi Susanti
:
Saya mendapat mendali emas di Olimpiade Barcelona yahun 1995 dan mendali perunggu di Olimpiade Atlanta 1996.
Siti Julaihah
:
Tentunya prestasi anda ini telah membuat nama indonesia telah dikenal oleh dunia.
Susi Susanti
:
Semoga bu, saya ingin melakukan yang terbaikuntuk negara kita.
Siti Julaihah
:
Baik mbak susi terimakasih atas waktunya.
Susi Susanti
:
Sama-sama Bu.
                      
1.      Bacalah dialog diatas bersama temanmu?
2.      Berperanlah sebagai Siti Julaihah dan ceritakan kembali perkataan Susi Susanti kepada teman yang lain ?
3.      Tuliskan  kembali hasil percakapan bersama teman di buku masing-masing ?
d.      Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!
1.             Pekerjaan: ....              Tugas        : ....    

2.             Pekerjaan: ....              Tugas        : ....    


3.             Pekerjaan: ....              Tugas        : ....  
  

4.             Pekerjaan: ....              Tugas        : ....    

5.             Pekerjaan: ....              Tugas        : ....  
  
6.             Pekerjaan: ....              Tugas        : ....    

7.             Pekerjaan: ....              Tugas        : ....  
  
8.             Pekerjaan: ....              Tugas        : ....    

9.             Pekerjaan: ....              Tugas        : ....    

10.         Pekerjaan: ....              Tugas        : ....    

Dari gambar dari gambar tersebut jawablah pertanyaan berikut:
1.      Isilah titik diatas gambar tersebut !
2.      Dari gambar di atas ada beberapa jenis profesi yang pekerjaannya membantu masyarakat sebutkan !
e.       Hitunglah luas dan keliling persegi di bawah ini !
                  19 cm
                                     
                             5 cm      
                                                    
1.       



   Luas      = ....
   Keliling = ....

                  25 cm
                                     
                                          5 cm      
                                                    
2.       



Luas      = ....                
Keliling = .... 
J.              Kunci Jawaban dan penilaian di buku siswa
          a.  Tugas Kelompok (nilai 5)
             1.Perlengkapan yang harus dibawa untuk bermain bulu tangkis
Ø  Raket (pemukul)
Ø  Kok / Shuttlecock (bola)
Ø  Net
Ø  Sepatu dan pakaian
            2. langkah-langkah bermain bulu tangkis (nilai 5)
1)        Kegiaan pemanasan
  (a) Memukul bola sendiri.
  (b) Memukul bola berpasangan.
                2)    Kegiatan inti
 (a) Servis bawah
(1) Siswa melakukan servis tanpa net.
(2) Siswa melakukan servis menggunakan net.
(b) Servis atas
                  (1) Siswa melakukan servis tanpa net.
    (2) Siswa melakukan servis menggunakan net.                              
    3)    Bermain bulu tangkis
   (a) Siswa melakukan permainan bulu tangkis menggunakan                peraturan         yang disederhanakan.
   (b)   Siswa melakukan permanan bulu tangkis individual.
   (c)   Siswa melakukan permainan bulu tangkis berpasangan.

b. Tugas Mandiri
1.    Dua servis atas (nilai 5)
Ø Siswa melakukan servis tanpa net
Ø Siswa melakukan servis menggunakan net.
2.    Kegiaan pemanasan (nilai 5)
  (a) Memukul bola sendiri.
  (b) Memukul bola berpasangan.

c.    membaca percakapan
    1. membaca bersama teman (nilai 4)
    2. berperan sebagai siti dan menceritakan kembali perkataan susi (nilai 4)
    3. menuliskan kembali hasil percakapan (nilai 2)

d.   memperhatikan gambar-gambar
1. mengisi titik titik
1.   Pekerjaan: guru (nilai 0,5)
       Tugas       :  mendidik (nilai 0,5)
 2.  Pekerjaan: dokter (nilai 0,5)
       Tugas       :  memeriksa dan mengbati (nilai 0,5)
3.    Pekerjaan: kepala koki (nilai 0,5)
       Tugas       :  memasak (nilai 0,5)
4.    Pekerjaan: penari (nilai 0,5)
       Tugas       :  menari (nilai 0,5)
5.    Pekerjaan:  perancang busana (desainer) (nilai 0,5)
       Tugas       :  merancang busana(nilai 0,5)
6.    Pekerjaan: pemadam kebakaran (nilai 0,5)
       Tugas       :  memadamkan api (nilai 0,5)
7.    Pekerjaan: polisi (nilai 0,5)
       Tugas       :  menegakkan keadilan (nilai 0,5)
8.    Pekerjaan:  tani (nilai 0,5)
       Tugas       :  bercocok taman (nilai 0,5)
9.    Pekerjaan: fotografer (nilai 0,5)
       Tugas       :  mengambil gambar (nilai 0,5)
10.                        Pekerjaan: pembawa berita(nilai 0,5)
       Tugas       :  melaporkan kejadian(nilai 0,5)
  2. profesi yang membantu masarakat adalah dokter, pemadam kebakaran                polisi,guru, petani dan pembawa berita (nilai 10)

e.     menghitung luas dan keliling
    1. luas = panjang x lebar(nilai 5)
               = 19cm x 5cm
               = 95 cm
 keliling = 2 x (panjang x lebar)
                = 2x (19cm x 5cm)
               = 2 x 95 cm
               = 190 cm
2. luas = panjang x lebar(nilai 5)
            = 25 cm x 5 cm
                       =125 cm
   Keliling = 2 x (panjang x lebar)
                  = 2 x(25 cm x 5 cm)
                 = 2 x 125cm
                 = 250 cm      

K.           Penilaian
Keseharian siswa


1.        Daftar periksa PJOK

No
Nama
KriteriaPenilaian
Peserta didik mampu
Jumlah skor
Total nilai
Melakukan
Pemanasan
Bermain
bulu tangkis
menyim
pulkan
1
Arna




2
Dwi





3
Juminah





4
Neli





5
Nunung





6
Sinta





7
Suci





Berilah tanda BS, B, C PBI pada tabel tersebut.                                     
Keterangan :          

BS ( 4 )
:
Bekerja
B   ( 3 )
:
Sebagian
S   ( 2 )
:
Terkadang
T   ( 1 )
:
Tidak bisa

                Skor yang diperoleh
Nilai =                                           x 10 =
               12










2.             Daftar periksa PPKN dan Bahasa Indonesia
No
Nama
KriteriaPenilaian
Peserta didik mampu
Jumlah skor
Total nilai
Berbicara
kerjasama
Teliti
1
Arna




2
Dwi





3
Juminah





4
Neli





5
Nunung





6
Sinta





7
Suci





Berilah tanda BS, B, C PBI pada tabel tersebut.
Keterangan :          

BS ( 4 )
:
Bekerja
B   ( 3 )
:
Sebagian
S   ( 2 )
:
Terkadang
T   ( 1 )
:
Tidak bisa
                
                Skor yang diperoleh
Nilai =                                            x 10 =
                    12
3.             Daftar periksa Matematika
No
Nama
KriteriaPenilaian
Peserta didik mampu
Jumlah skor
Total nilai
Menghitung 
kerjasama
Teliti
1
Arna




2
Dwi





3
Juminah





4
Neli





5
Nunung





6
Sinta





7
Suci






Berilah tanda BS, B, C PBI pada tabel tersebut.
Keterangan :          

BS ( 4 )
:
Bekerja
B   ( 3 )
:
Sebagian
S   ( 2 )
:
Terkadang
T   ( 1 )
:
Tidak bisa
                
                Skor yang diperoleh      
Nilai =                                            x 10 =
                    12


                       Penilaian dibuku guru   
Nilai total =                                              x 10 =
               Penilaian keseharian                   

               120
Nilai total =                          x 10 = 8,75
               137               


L.            Sumber     
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013. Berbagai Pekerjaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 
Abdulah Arna. 1998. Evaluasi Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta. Dirjen Dikti
Alhusin, Syahir. 2007. Gemar Bermain Bulu Tangkis. Yogyakarta. Setiaji 

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar